Sabtu, 16 November 2013

Transfer Data Cepat Antara PC dan Android via WiFi

Dengan fitur canggihnya, tak ayal gadget Android menjadi primadona untuk beragam urusan. Salah satu kemudahan yang ditawarkan yakni kemudahan untuk melakukan sinkronisasi dan transfer file/data ke perangkat lain, dalam hal untuk kebutuhan kerja, koneksi ke PC (personal computer)/laptop menjadi yang paling diperlukan. Umumnya dengan mudah, pengguna cukup mencolok kabel microUSB port ke PC, sim salabim, dengan memilih menu ‘mass storage’ Anda bisa memindahkan antar file dengan ringkas.
Tapi metode via kabel data ada kerentanan, yakni bakal ‘aus’-nya port bila sering digunakan terus-menerus. Apalagi koneksi tak bisa dilakukan bila sedang dilakukan proses charging. Nah, kini Anda bisa menjajal ‘Software Data Cable’. Ini adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh di Google Play. Sedangkan disisi PC, Anda bisa mengunduh aplikasi FileZilla (http://filezilla-project.org/download.php) dari desktop. Cukup dengan mengaktifkan WiFi, plus bermodal kode ftp (file transfer protocol) berikut username dan password, Anda sudah bisa saling bertukar data/file antara gadget Android dan PC secara cepat dan praktis. Penasaran? Mari simak langkah-langkahnya.  (Haryo Adjie Nogo Seno)
1. Langsung unduh aplikasi ‘Software Data Cable’ via Google Play, dan mulai dengan tab ‘start service.’
2. Selanjutnya Anda akan memperoleh kode dan parameter ftp, seperti digambar yakni ftp://192.168.1.108:8888/
3. Selanjutnya masuk ke menu setting, silahkan buat username dan password. Nantinya akan digunakan untuk di input dalam mengakses FileZilla di desktop.
4. Berikut tampilan FileZilla di desktop, setelah input username dan password yang dibuat di Android. Anda diminta memasukan parameter mesin (ftp://192.168.1.108) dan port (8888). Selanjutnya klik ‘koneksi cepat,’ dan otomatis kedua perangkat akan terkoneksi.
5. Anda bisa memantau file manager dari dalam Android. Dari laman FileZilla Anda bisa saling memindahkan data cukup dengan meng-klik ‘download’ pada folder-folder yang telah diarahkan.
6. Anda bisa merubah username dan password setiap waktu. Dalam ujicoba transfer file 20Mb dari PC ke Android hanya butuh waktu 15 detik. Kualitas koneksi bergantung pada provider.

Sumber:  http://androidblackberry.web.id/transfer-data-cepat-antara-pc-dan-android-melalui-wifi